Rabu, 21 September 2016

TELANJANG DIRUANG GELAP

Pemimpin hebat, harus juga di topang oleh para bawahan yang hebat, solid dan kompak. Bakal percuma dan sia-sia kalo sang pemimpin hebat tapi yang dipimpinnya khianat. Hal ini juga berlaku dalam konteks kebalikannya.

Bicara fakta, bicara data, bicara bukti, bicara dan terus-terusan bicara merupakan cara kita hidup di dunia kontemporer saat ini.

Banyak hal yang udah berubah di dunia ini, dan teknologi mendominasi berbagaimacam perubahan-perubahan tsb. Digitalisasi merubah jarak jauh menjadi dekat, jarak dekat menjadi sangat jauh. Bahkan alam sosial media telah berhasil merubah pecundang sejati jadi pemberani, muka ancur berani godain cewe cantik via inbox message. "Hai cantik, lagi ngapain, kenalan yuk". Dijawab ma si cantik "Ogah! Ngaca gih!! Idiih ga banget!!". Hahaha

Dalam hal lain, coba sesekali loe sempetin baca komentar-komentar di sosmed tentang opini calon pemimpin misalnya. Antara pihak pro dan kontra, isinya bikin loe ga nyangka. Bukan hanya "gagal paham" tapi akan lebih tepatnya "runtuhnya peradaban". Itu baru berkaitan dengan seseorang yang ngejagoin idolanya, anjing-babi dan monyet dipake buat ngata-ngatain yang di idolain lawannya. Belum lagi kalo pas ketemu isu tentang agama, udah deh ga bakalan ada yang sisa, setan, bangsat, kafir, antek yahudi, ga punya otak, dll.

Generasi digital indonesia, generasi sosmed yang dengan segala kemerosotan moralnya, etika dan estetikanya ga tau disimpen buat apa.

Penulis berita pun begitu, parahnya lagi ada dari beberapa media terkemuka tanah air.

Ada kesengajaan bikin judul yang bikin otak jadi otak udang. Misalnya "tolak tawaran dari perusahaan ternama, pemuda ini mengaku ingin lebih fokus menganggur". Ada lagi berita yang judulnya "cewe muka kuning tewas, masturbasi pake belut".

Gue pernah penasaran setengah mati, gue baca deh itu berita yang judulnya "Akhirnya terungkap, siapa sebenarnya pelaku pembunuh Mirna". Itu berita, gue baca ampe abis, ampe mata gue bengkak cuy! Ehh isinya tentang polisi masih berusaha mengungkap kematian Mirna. Kalo waktu itu yang nulis berita ada di depan gue, gue jamin! Bakal abis tuh mukanya gue obrak-abrik!

Ok, walo pun begitu kita ga boleh pesimis dengan kondisi dan keadaan moral negri kita yang bener-bener sedang morat-marit. Sebisa mungkin kita harus tetap berusaha mencari solusi dan memperbaikinya satu-persatu.

Modernisasi, westernisasi, digitalisasi, globalisasi dan sasi-sasi yang lainnya tidak masalah. Masalahnya ada pada diri loe sendiri, mana yang baik dan bermanfaat maka itulah yang harus loe tempuh. Perjuangan bisa dimulai kapan saja, dan jangan loe tanyain kapan perjuangan itu akan selesai.

Hiasi lidah dengan cahaya-cahaya yang udah banyak loe denger, loe baca, and loe yakini. Loe ga perlu ikut-ikutan sok pinter kalo loe belum bener-bener pinter. Loe ga usah ikut-ikutan ngebully orang di sosmed, loe juga pasti tau kapasitas otak loe yang cuma segitu-gitunya. Ga usah ngelakuin hal-hal yang bikin loe boros sesumbar, ga mutu dan ga penting. Sadar diri itu akan lebih bikin loe berkualitas, kalo loe dari kampung ya bercocok tanamlah dengan semangat di kampung. Kalo loe dari kota dan ngerasa kota udah sempit, ya silahkan ke desa. Bangun perkebunan, pertanian, dll, gunakan otak kota loe buat ngembangin dan majuin kemanusiaan loe secara bijaksana.

Loe tau pemimpin sejati itu apa?
Yupzz, pemimpin sejati itu adalah diri loe sendiri. Loe ga usah nyari-nyari pemimpin yang ga ada, jadikan dirimu pemimpin oleh dirimu sendiri. Persiapkan anak-anakmu untuk siap menjadi pemimpin yang handal, profesional dan militan. Nusantara ini negri yang besar, tentu harus juga dipimpin oleh orang-orang yang berjiwa besar, memiliki kemampuan ilmu dan pengetahuan Allah yang maha besar.
Jangan cuma belajar dan ngajarin cara cari duit doang, ujung-ujungnya duit jadi tujuan utama belajar.

Kalo hidup loe udah muka duitan, ya udah! makan tuh duit! Sulit ngomong ma loe yang otaknya udah duit-duit-dan duit!!

Kalo udah terlanjur begitu gimana?
Mudah cuy! bikin kopi jangan pake gula, pake aja garem, biar rasanya lebih greget!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar